Cara Membuat Kue Lapis Pelangi Spesial Nikmat

Cara Membuat Kue Lapis Pelangi Spesial Nikmat


Indonesia memang terkenal akan jajanan dan aneka kue yang siap menggugah selera para penikmat setia. Untuk aneka kue lapis sendiri memang sangat beragam jenisnya. Ada kue lapis kukus yang biasanya terdiri atas dua lapisan warna saja maupun kue lapis pelangi yang memiliki banyak macam warna yang digunakan.

Kue lapis pelangi terbuat dari tepung beras dan hampir sama dengan kue lapis biasanya, hanya saja yang membedakan disini adalah kue lapisnya di beri aneka warna yang sangat menarik.

Nah, bagi anda yang kangen dengan kue lapis pelangi tradisional ini anda bisa mencoba mempraktekkan di rumah karena cara pembuatannya terbilang mudah.

Bahan untuk pembuatan kue lapis beras pelangi adalah :


300 g Tepung beras dengan kualitas bagus
300 g gula pasir
100 g tepung sagu
3 lbr daun pandan dan daun jeruk
1,5 liter santan kelapa
Pewarna makanan (banyaknya warna yang digunakan sesuai selera) @2 tetes per warna
Garam Secukupnya

Cara Membuat Kue Lapis Pelangi Spesial Nikmat

Cara membuat kue lapis pelangi yang nikmat :


Pertama kita panaskan santan dengan daun jeruk serta daun pandan, aduk hingga merata dan mendidih, kemudian bisa kita angkat dan didinginkan.

Selanjutnya ambil wadah terpisah untuk mencampurkan terigu, gula, tepung sagu dan garam. Aduk rata semua adonan dan tuangkan sedikit santan sembari di uleni hingga santan habis dan adonan menjadi sedikit encer.

Lalu kita bagi adonan dengan 6 warna atau lebih, beri setiap bagian dengan pewarna makanan yang berbeda supaya terlihat menarik

Kemudian kita siapkan loyang berukuran 18x18x8 cm dan olesi minyak pada permukaannya, lalu tuangkan satu warna adonan dan kukus selama 10 menit. selanjutnya tuangkan warna adonan berikutnya dan kukus kembali secara terus menerus hingga adonan nampak berlapis-lapis.

Yang terakhir kukus adonan selama 20 menit agar adonan matang merata dan kue lapis siap untuk dihidangkan.


Demikian cara membuat kue lapis beras pelangi yang bisa anda coba aplikasikan di rumah. Mudah bukan !
Posted by Unknown, Published at 7:02 PM

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Kumpulan resep membuat kue-kue lezat | Partner Dapur Masak